Dompu, Bumi Nggahi Rawi Pahu!


Apa yang paling terkenal dari DOMPU?! :)
Jika tolok ukurnya adalah tempat favorit kunjungan wisatawan mancanegara, maka Pantai Lakey adalah jawabannya! Pantai Lakey atau Lakey Beach yang terletak di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, adalah salah satu lokasi berselancar terbaik yang diakui oleh dunia. Berbagai event surfing berskala internasional rutin diselenggarakan di sana.
Untuk menuju tempat ini, dari bandara Sultan Muhammad Salahuddin di Bima dapat menyewa mobil dengan tarif sekitar 600 ribu Rupiah, atau dapat menggunakan bus biasa menuju Dompu dengan tarif sekitar 50 ribu Rupiah sampai ke Terminal Ginte, Kabupaten Dompu, setelah itu menawar Bemo Kota  mengantar ke Lakey dengan kisaran harga antara 200-300 ribu Rupiah.
Bukan tanpa alasan Pantai Lakey dipilih oleh para wisman maupun turis lokal. Jika pada satu kesempatan naik pesawat ke Bima, dan melihat rombongan bule menggotong papan selancar, hampir bisa dipastikan, tujuannya adalah Lakey! Mereka rela menempuh jarak jauh ratusan kilometer dari Bima di utara pulau Sumbawa ke Lakey di selatan, melalui rute berliku dan jalan yang bergelombang, dan tak hanya sekali, melainkan berkali-kali! Bagi mereka mungkin perjuangan itu bagian dari rangkaian tantangan, dan tantangan sebenarnya baru dimulai saat debur ombak memecah pantai, dan bergulung-gulung gelombang mengundang para peselancar untuk  segera menungganginya!
Lakey Beach IS in Dompu!
WELCOME TO DOMPU!!! :)
13325124591509813764
Untuk mencapai Pantai Lakey, pengunjung harus melewati dulu Kota Dompu. Kota kabupaten yang terletak di bagian tengah Pulau Sumbawa ini adalah kota yang asri, tenang, damai. Meski kotanya kecil, tapi luas cakupan wilayah Kabupaten Dompu itu sendiri merentang dari kaki gunung Tambora di utara, hingga Pantai Lakey di ujung selatan.
Dompu bukan hanya Lakey! Maka jika pada tulisan sebelumnya, telah dikelompokkan cluster tujuan wisata menjadi tiga: Dompu Utara, Dompu Tengah, dan Dompu Selatan, dan kita telah berkelana ke tempat wisata di daerah Dompu Utara, pada tulisan kali ini kita akan sedikit lebih mengenal tempat-tempat wisata di Dompu Tengah serta Dompu Selatan.
Anggap saja sedang menikmati panjang perjalanan, sambil berkendara menuju ke Lakey, disuguhi informasi menarik tentang tujuan wisata lain di Dompu yang terlalu sayang untuk tidak sempat disinggahi! Misalnya, Mada Prama. Terletak hanya sekitar 4 km dari kota Dompu, wilayah hutan lindung ini merupakan rumah bagi marga satwa dan aneka flora. Mada Prama juga memiliki kolam renang dengan pemandangan yang indah. Lebih banyak tempat wisata menarik akan kita jumpai, jadi persiapkan bekal, sebab kita akan tamasya bertualang! :D
Tempat singgah pertama kita adalah Nanga Tumpu.
Nanga Tumpu adalah kawasan yang memiliki berbagai gugusan pulau kecil. Terletak di jalur Jalan Raya Sumbawa-Dompu dengan jarak 30 kilometer dari ibukota Kabupaten Dompu, memakan waktu lebih kurang setengah jam. Pulau-pulau kecil yang disebut Nisa meliputi: Nisa Pudu, Nisa Rate, Nisa Maja, dan Nisa Kodo dengan hamparan pasir putih yang sangat indah. Kawasan Nanga Tumpu dan sekitarnya sangat cocok untuk kegiatan berenang, memancing dan menyelam. Pada musim tertentu seperti saat musim angin bertiup dari selatan dan barat, sekitar bulan Januari hingga Maret, serta Juli dan Agustus, di kawasan ini sering diadakan lomba perahu layar tradisional, di samping kegiatan olah raga seperti Wind Surfing dan Kite Surfing.
Seperti inilah indahnya Nisa Pudu! :)
13325145741709531073
1332514598771581555
13325146201286937964
Selain kawasan Nanga Tumpu, masih di daerah Dompu Tengah, di sebelah barat Teluk Cempi, terhampar pantai pasir putih yang lembut di wilayah terpencil yang keindahannya masih alami. Pantai Ria adalah tempat yang tepat untuk melarikan diri dari rutinitas keseharian yang melelahkan dan bersantai ria dengan keluarga. Karena ketenangannya, Pantai Ria digemari khususnya oleh para pemancing. Daerah favorit untuk memancing adalah tebing ‘Doro Belanda’.
Meski tenang, Pantai Ria juga menjadi salah satu tujuan rekreasi yang ramai dikunjungi warga pada akhir pekan. Lokasinya yang dekat dari kota, hanya lebih kurang satu jam, ditambah akses jalan sebagian besar sudah mulus dan diaspal, membuat Pantai Ria layak menjadi pilihan wisata untuk disinggahi. Tentunya butuh pembenahan dan perhatian dari pemerintah daerah setempat untuk peningkatan pelayanan publik.
13325154691450090133
13325156151490272489
Memasuki Kecamatan Hu’u, sebelum tiba di Lakey, masih ada situs yang layak disinggahi, terutama bagi penggemar arkeologi dan peninggalan purbakala. Situs Nangasia terletak di kawasan wisata Lakey. Nenek moyang masyarakat Dompu sudah memiliki peradaban dan menguasai teknologi cukup tinggi diperkirakan sejak 4.500 SM. Hal tersebut ditandai dengan ditemukannya berbagai peninggalan masa lampau berupa manik-manik dan keramik. Selain itu, di kawasan ini juga ditemukan Batu Kursi (Wadu Kadera), yakni kursi tempat penobatan para Ncuhi (kepala suku), di samping terdapat bekas telapak kaki Ncuhi dan Kubur Duduk. Situs ini ditemukan oleh tim Arkeologi Pusat Jakarta dan Denpasar.
Baru-baru ini ditemukan lagi benda-benda purbakala di Doro Kabotai, Desa Daha, masih kecamatan Hu’u, hanya dua kilometer dari Situs Nangasia. Benda-benda yang diperkirakan berusia ribuan tahun itu antara lain berupa kuburan kuno, batu nisan berukir, 15 buah tombak dan 12 buah cincin. Selain itu ditemukan pula patahan gelang, permata berwarna merah, uang kuno berlobang lesung, dan kursi dari batu. Diduga terdapat hubungan antara situs Doro Kabotai dengan situs Dorosai di Doro Nanga, yakni sama-sama merupakan bekas Kerajaan Daha di Dompu.
Selain situs purbakala, di kawasan wisata Lakey juga terdapat obyek wisata Air Panas Lamea, Goa Jepang, dan Kampung Purna sebagai kampung tertua penduduk asli Dompu. Sayang, jalan menuju ke kampung yang kosong dan tak ditempati itu juga sulit dijangkau, sebab rutenya berkelok-kelok dan berupa batu-batu lepas. Adapun Air Panas Lamea direncanakan dikembangkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH) karena potensinya menghasilkan hingga 65 Mega Watt. Saat ini Air Panas Lamea dimanfaatkan masyarakat untuk mandi dan berobat, dikarenakan kandungan belerangnya.
Nanga Doro adalah daerah resort pegunungan tradisional di dekat Hu’u yang terkenal dengan sumber mata air panas dimana suhunya dapat mencapai 80 derajat Celsius. Tempat ini benar-benar merupakan tempat yang sesuai untuk beristirahat dan melemaskan otot-otot yang sakit setelah seharian penuh berselancar.
Baiklah, karena sepertinya pembaca sudah tidak sabar, tiba saatnya kita memasuki kawasan wisata utama di Dompu, PANTAI LAKEY!!! :D
BYURRR!!!
1332517885446499667
1332517793804674699
13325172041758516270
WOW!!!
Kata pepatah, satu gambar mewakili seribu kata-kata. Tiga gambar masih kurang? ;) Ini bukan hasil edit-an Photoshop. Memang demikian adanya ombak di Pantai Lakey! Cukup membuat terkesima? Tunggu hingga mencoba datang dan rasakan sendiri hempasan deburan keras gelombangnya! :D
Pantai Lakey berjarak kurang lebih 40 km ke arah selatan kota Dompu dan memakan waktu 1 jam 45 menit untuk mencapainya. Yang membuat pantai ini berbeda adalah kehebatan dan konsistensi jenis ombaknya. Meski ketinggian ombak tidak terlalu istimewa, sekitar enam hingga delapan meter, namun arah sapuannya memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Peselancar dunia menyenangi ombak Lakey karena arah sapuan ombaknya ke kiri bukan ke kanan, disebut juga dengan arus kidal.
Terdapat empat jenis ombak yang populer. Nangas adalah jenis ombak berbentuk mendatar. Lakey Peak adalah ombak yang awalnya memuncak kemudian mendatar. Lakey Pipe adalah ombak yang bentuknya menyerupai pipa, jenis ombak yang juga dapat ditemui di Hawaii. Adapun Periscope adalah jenis ombak yang bergulung menyerupai teropong, sehingga saat meliuk di dalamnya, peselancar seolah berada di dalam teropong. Apabila di Pulau Nias atau di Hawaii ombak bergerak hanya ke satu arah, di Lakey ombak bisa bergerak dua arah, ke kanan dan ke kiri. Secara teknis, ombak di Pantai Lakey dianggap aman untuk olah raga selancar. Dalam kondisi normal, ketinggian ombak antara 1,5 sampai 3 meter dengan kedalaman pantai mencapai 4 meter. Deburan ombak berjarak 150 meter dari pasang surut air.
13325204151627448295
Karena ombaknya yang stabil sepanjang tahun, Pantai Lakey secara reguler menjadi tuan rumah digelarnya kompetisi selancar tingkat dunia. Festival Lakey ke-2 tanggal 14-17 juli 2011 diikuti oleh 158 peselancar dari berbagai negara, seperti Arab Saudi, Amerika, Australia, Brazil, Prancis, Afrika Selatan, Italia, Rusia, Inggris dan sejumlah negara Eropa. Terdapat 16 kegiatan pada Festival Lakey yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2010, yakni Fun Bike, Bazaar, Layangan Tradisional, Lomba Kuda Hias, Lomba Sapi Hias dan Internasional Surf Championship. Lainnya, Sepak Bola Pantai, Volley Pantai, Pacuan Kuda Pantai, Pameran Foto Pariwisata, Lomba Film Pariwisata dan Lomba Mancing Tradisional. Ada juga Lomba Lagu pop Sasambo, Lomba lari Lakey Internasional 10 Kilometer, Lomba Kapatu Mbojo dan berbagai hiburan lainnya.
Kunjungan wisatawan ke Pantai Lakey mencapai puncaknya pada bulan April-Mei. Pada bulan tersebut wisatawan yang datang rata-rata mencapai 300 orang per hari. Tentu hal ini menjadikan pesona Dompu menanjak sebagai tempat wisata yang potensial. Hanya sayang, kepedulian pemerintah dirasakan masih kurang. Wisata di pulau Sumbawa pada umumnya masih kalah bersaing dengan pulau Lombok dan pulau Bali. Tentu gaung keberadaan surga yang tersembunyi ini harus lebih digemakan lagi, apalagi dengan pemerintah mencanangkan VISIT LOMBOK SUMBAWA 2012!
13325204472004307328
Yang perlu mendapat perhatian khususnya di Pantai Lakey adalah perbaikan infrastruktur, sebab jalan menuju pantai masih rusak parah, kebersihan lingkungan juga kurang memadai, serta pasokan air bersih masih tersendat. Selain itu sarana transportasi juga perlu lebih diintregasikan untuk memudahkan pengunjung mencapai Pantai Lakey. Akomodasi termasuk penginapan juga harus memperhatikan unsur keamanan dan kenyamanan.
Dibutuhkan upaya lebih keras dari pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk membenahi kawasan wisata Pantai Lakey hingga dapat benar-benar memuaskan dan menjadi surga tujuan selancar internasional yang dapat dibanggakan, bersama daerah tujuan wisata lainnya di Kabupaten Dompu. Mengharumkan tak hanya daerah Nusa Tenggara di timur Nusantara, tapi juga menyemerbakkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.
KITA BISA!!!
Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFORMASIH DOMPU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger