Empat dari Lima Obyek Wisata Sekitar Lakey Belum Digarap Optimal


 
Kawasan pantai Lakey memiliki 5 obyek wisata yang bisa menjadi obyek wisata andalan di Dompu. Kelima obyek wisata itu, yakni pantai Lakey, Air Panas Lamea, Situs Nangasia sebelum 2500 M (Pelabuhan), Goa Jepang dan Kampung Puma (Kampung Tertua Orang Asli Dompu). Tapi, empat dari 5 obyek wisata itu, belum bisa digarap secara optimal pemerintah kabupaten (Pemkab) Dompu. Hal itu disebabkan, infrastruktur jalan, sarana prasarana dan keterbatasan dana dari APBD Dompu yang dimiliki.

“ Kami hanya mampu menganggarkan Rp 150 juta dari APBD Dompu tahun 2011 untuk penataan obyek wisata pantai Lakey, seperti pembangunan Berugaq (Tempat Duduk), tong sampah, papan himbauan dan fasiltas pendamping lainnya. Kami belum bisa menyentuh obyek-obyek wisata yang ada disekitar kawasan pantai Lakey,” kata Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dompu, Ir. Wahidin, M.Si, kepada Reporter Global FM Lombok, di pantai Lakey, Dompu, Selasa (18/7).

Obyek wisata Mata Air Hodo memiliki keunikan tersendiri, yakni memancarkan air tawar sebanyak 100 liter per detik. Padahal, air mata itu berada di pinggir pantai dan masyarakat menggunakan sebagai tempat untuk mandi atau berbilas setelah mandi di pantai. Selain dijadikan obyek wisata, Air Panas Lamea direncanakan akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH), karena berpotensi menghasilkan 65 Mega Watt (MW). Saat ini, Air Panas Lamea digunakan masyarakat untuk mandi dan berobat, karena mengeluarkan belerang.

“ Belum lagi obyek wisata goa Jepang yang bisa dijadikan sebagai obyek wisata sejarah dan budaya, ditambah situs Nangasia sebelum 2500 M. Ada lagi obyek wisata kampung tertua di Dompu yang ditinggali orang asli Dompu, yakni Kampung Puma. Sekarang kampung itu kosong atau tidak ada orang yang menempati. Lokasi kampung itu memang sulit dijangkau, karena jalan berupa batu-batu lepas dan berkelok-kelok,” tambahnya.

Disbudpar Dompu lanjut Wahidin, memang memiliki 8 obyek wisata yang akan dikembangkan untuk mendukung program Visit Lombok Sumbawa (VLS) 2012. Kedelapan obyek wisata itu, yakni pantai Lakey, pantai Ria, Mada Prama (Pemandian), pulau Satonda, gunung Tambora, Nesa Podo dan Nesa Rate, Kancera (Air Terjun), Hodo (Sumber Mata air tawar di pinggir Pantai). Tapi dari 8 obyek wisata itu, hanya 5 obyek wisata yang akan diprioritaskan dulu, seperti pantai Lakey, pantai Ria, Mada Prama, pulau Santoda dan gunung Tambora. (ozi)
Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFORMASIH DOMPU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger