Pantai Lakey Dompu




Potensi pariwisata Dompu memiliki keunikan dgn gelombang yang besar & pasir putih yg berkilau. Keindahan pantai Lakey yang terkenal hingga ke mancanegara.
Jarak tempuh Lakey dari pusat Kota Dompu bisa ditempuh dengan waktu 30-45 menit saja. Perjalanan menuju pantai Lakey antara 1 sampai 1,5 jam. Dari 45 kilometer panjang jalan menuju Lakey, Laut biru dengan gulungan ombak setinggi bukit serta batu-batu raksasa berwarna hitam pekat menjadi pemandangan alam yang begitu mengagumkan. Keindahan alam menjadi semakin sempurna melihat wilayah Pantai Lakey. Hamparan pasir putih dengan ciri khas gelombang tinggi dengan hempasannya yang diiringi suara gemuruh menjadi sisi lain yang tak bisa dilupakan. disana anda akan melihat puluhan turis mancanegara yang asyik bermain selancar atau berjemur di pinggir pantai menjadi pemandangan yang tak bisa dilupakan.

Lakey Jadi Ikon Pariwisata Dompu yang Bisa Pesona Dunia

Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Ir. H. Badrul Munir, MM, mengatakan pantai Lakey Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu bisa menjadi ikon pariwisata dan menjadi salah satu destinasi wisata dunia. Sebab, potensi alam yang ada di Lakey dinilai sangat luar biasa, sehingga mempesona dunia. Pesona alam, seperti ombak pantai Lakey tidak bisa dibawa pulang wisatawan, bahkan wisatawan harus rela membayar dengan mahal untuk bisa menikmatinya. Lain halnya dengan sector tambang yang potensi alamnya diambil, dikeruk dan dibawa ke Negara lain.

“Saya sekarang seperti tidak berada di Lakey, ini adalah pesona dunia yang ada di Dompu. Pesona ini harus bisa dirawat, dijaga dan dipelihara masyarakat.” kata Ir. H. Badrul Munir, MM, saat memberikan sambutan pada acara peresmian program revitalisasi pantai Lakey tahun 2010 dan penutupan kemah bhakti Pokdarwis se - pulau Sumbawa serta penutupan Festival Lakey di Pantai Lakey Hu’u Dompu, Minggu (5/12).

Badrul mengungkapkan, perkembangan sektor pariwisata di Dompu jangan sampai membuat warganya menjadi penonton. Namun, juga harus turut bermain dan berusaha menjadi tuan rumah yang baik. Kendati demikian masyarakat Dompu, juga harus bisa terbuka bagi masyarakat dari luar Dompu yang ingin berusaha di bidang pariwisata. Jika ingin bersaing, maka hendaknya bisa bersaing dengan sehat, sehingga perekonomian masyarakat Dompu bisa berkembang pesat.

Pemerintah Dompu lanjut Badrul, harus mempersiapkan diri di era persaingan tingkat global. Dimana, produk wisata, kesenian, kebudayaan dan lain sebagainya harus bisa diciptakan dengan baik agar bersaing dengan pariwisata di daerah bahkan Negara lain. Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, bersama pemerintah pusat dan daerah tentunya terus melakukan penataan Destinasi wisata Dompu. Salah satunya, jalan dari Dompu ke Hu’u Lakey sepanjang 38 km yang dijanjikan pada pertengahann 2012 mendatang sudah mulus.

“Tapi ada syaratnya. Syaratnya adalah di sepanjang jalan Dompu ke Lakey harus bersih dan tidak kumuh. Itu adalah tugas Bupati Dompu dengan jajarannya. Bila perlu buat MoU atau fakta integritas antara Bupati dengan camat. Jika ada camat yang berhasil, beri penghargaan.“ sarannya.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin mengatakan, Lakey adalah tempat berkunjungnya orang yang sering bertualang di pantai. Ke depan, pemerintah kabupaten Dompu berniat untuk meningkatkan paket wisata Lakey. Wisatawan tidak saja ke pantai dan ke laut. Tapi juga ke gunung-gunung melakukan pendakian (trakcing). Dimana, akan dibuka buka jalur-jalur pendakian khusus, sehingga wisatawan bisa nikmati Lakey dari sisi lain. Fasilitas Lakey akan terus ditambah, begitu juga dengan produk wisata, kesenian dan lainnya.

“Saya minta kepada masyarakat Dompu untuk menjaga dan memelihara sarana dan prasarana yang sudah ada. Jadilah tuan rumah yang baik bagi siapa saja yang dating ke Lekay. Mari kita tunjukkan pada dunia, kita masyarakat yang mendukung pariwisata.“ pintanya.
Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFORMASIH DOMPU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger